Hak Cipta © 2019 Vidio.com
PT Vidio Dot Com.
All Right Reserved.

  • Facebook - Grey Circle
  • Instagram - Grey Circle
  • Twitter - Grey Circle
  • LinkedIn - Grey Circle
  • Vidio Blog

Vidio Product Highlights 2019


Tahun 2019 merupakan tahun yang berkesan untuk Vidio. Kami terus berjuang untuk memberikan yang terbaik bagi seluruh pengguna kami, baik dari segi tim Vidio yang bekerja memastikan aplikasi dan fitur selalu berjalan dengan lancar maupun konten-konten yang semakin bervariasi dan bermanfaat. Keseluruhan offering Vidio masih didominasi oleh konten lokal dengan kekuatan utama khususnya di konten sport lokal lewat Liga 1, Liga 2, Voli dan Badminton. Tidak hanya konten olahraga, Vidio juga menayangkan Original Series seperti Girls in The City, Heart, I Love You Baby dan On The Weekend dan ke depannya akan terus memproduksi original baik serial maupun non-drama konten. Selain itu, Vidio juga menambah konten-konten internasional yang sesuai dengan selera pengguna baik olahraga seperti Liga Champions, Liga Eropa dan juga film Korea, India, serta film internasional menarik lainnya.


Di tahun ini pula, tim product & engineering bertambah yang terdiri dari beberapa tim yang independen dan memiliki fokus-fokus tertentu untuk memenuhi kebutuhan pengguna Vidio. Kami juga terus konsisten menambahkan metode pembayaran baru, memudahkan pengguna mendapatkan konten-konten berkualitas dan menonton lebih nyaman. Selain itu kami juga menyediakan aplikasi Vidio TV di layar yang lebih besar seperti TV dan iPad demi memenuhi kebutuhan home entertainment untuk pengguna. Berikut ini adalah fitur-fitur yang dikembangkan oleh tim product & engineering Vidio di tahun 2019.

Untuk meningkatkan kemudahan pembayaran dan menjangkau metode pembayaran yang menjadi preferensi pengguna, tahun 2019 ini, Vidio menambahkan sejumlah metode pembayaran diantaranya: pembayaran menggunakan pulsa (operator XL, Axis, Telkomsel, Indosat, 3, dan Smartfren), DANA, kartu kredit, Google Play Billing, Apple Billing, dan bank transfer (BCA, BRI, Mandiri, CIMB Niaga, Permata, Danamon, dan BNI).


Vidio juga mulai menyediakan pembayaran dengan voucher yang dijual di berbagai e-commerce seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, JD.id, Bhinneka, Codashop, Blibli, Lazada dan iLotte. Voucher dapat digunakan untuk aktivasi paket Vidio Premier secara langsung dan juga dapat dibeli sebagai voucher diskon yang menambah keuntungan untuk pengguna Vidio.


Vidio juga bekerja sama dengan Telkomsel membuat paket bundle pembelian data Telkomsel dan Vidio agar pengguna dapat menonton dengan kuota yang lebih hemat. User yang membeli paket data entertainment seperti Maxstream, Maxstream Gala, dan Maxstream Vidio sudah dapat langsung menikmati Vidio Premier Gold secara gratis.

Berikut adalah paket-paket yang sudah kami susun sesuai dengan kebutuhan pengguna:

Tahun ini Vidio menambahkan sistem login dan registrasi dengan nomor telepon. Hal ini kami lakukan untuk memudahkan seluruh pengguna ketika ingin mendaftarkan akun di Vidio serta melakukan pembayaran menggunakan nomor telepon yang tersambung ke akun Dana dan pulsa.



Tahun 2019 ini, banyak perubahan yang terjadi di halaman depan (homepage) pada aplikasi dan website Vidio. Salah satu perubahan yang dapat dilihat secara langsung yaitu konten-konten yang dibagi berdasarkan tema tertentu seperti aktris, jalan cerita, periode rilis, dan lain-lain yang sudah dikurasi agar pengguna dapat dengan mudah dan cepat menemukan konten utama dan pilihan. Perubahan juga terjadi di halaman kategori yang sebelumnya dengan grouping lebih spesifik sekarang sudah lebih general dimana pengguna bisa mendapatkan banyak konten di tiap kategorinya. Selain itu, kategori juga sudah memiliki entry point yang lebih mudah diakses dan dapat diatur sesuai dengan keinginan pengguna. Proses kurasi dilakukan oleh tim editorial berdasarkan data behavior pengguna yang tersedia secara real time.


Vidio juga mengimplementasikan sistem machine learning untuk memberikan rekomendasi yang lebih tepat sasaran kepada pengguna baik dari segi konten yang ditonton maupun dari perilaku pengguna itu sendiri. Hal ini dilakukan agar setiap pengguna bisa mendapatkan rekomendasi yang secara personal cocok dengan preferensi mereka masing-masing. Rekomendasi ini kami berikan kepada setiap pengguna tidak hanya dari halaman depan tetapi juga rekomendasi untuk video selanjutnya yang menarik bagi mereka pada halaman video yang saat ini sedang ditonton.


Bagi mereka yang datang ke Vidio ingin mencari video atau konten yang diinginkan, kami juga memberikan sejumlah perkembangan besar pada fitur pencarian. Perkembangan yang dilakukan yakni dari segi algoritma serta perbaikan performa dengan memindahkan fitur Pencarian ke servis terpisah sehingga pengguna dapat menemukan konten yang lebih relevan dengan lebih cepat.



Demi menyajikan konten yang lebih baik kepada para pengguna, Vidio hadir dengan live streaming TV channel lokal dan internasional, beberapa bahkan sudah bisa diakses dengan kualitas HD dengan gambar yang lebih jernih. Bagi pengguna yang suka menonton live streaming, Vidio juga menyediakan jadwal acara selama tujuh hari kedepan. Jadwal acara ini dapat memudahkan pengguna Vidio untuk mengetahui acara apa saja yang akan tayang dan ingin ditonton. Bagi pengguna yang kelewatan acara TV favoritnya, Vidio juga menyediakan siaran ulang agar pengguna tetap bisa menonton dan tidak ketinggalan.


Bagi para penikmat konten internasional, Vidio menyediakan beberapa pilihan subtitle bahasa yang bisa dipilih seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan bahkan untuk konten tertentu tersedia bahasa-bahasa daerah seperti Bahasa Jawa, Batak, Padang, dan lain-lain. Bagi para pengguna yang tidak sempat menyelesaikan sebuah film dalam satu waktu, sekarang cukup buka saja film yang pengguna pernah tonton dan otomatis akan lanjut dari bagian terakhir yang sebelumnya ditonton pengguna dengan fitur continue watching.


Pengguna yang menyukai film series juga dapat memilih episode saat sedang menonton tanpa harus kembali ke halaman sebelumnya. Kami menyediakan entry point saat pengguna sedang menonton agar pengguna dapat melihat daftar episode yang tersedia pada series tersebut serta memilihnya. Spesial bagi pengguna Android, sekarang bisa tetap menonton di Vidio sambil membuka atau beraktivitas di aplikasi lain secara bersamaan dengan fitur Picture in Picture.


Daftar Episode dan Subtitle

Berdasarkan riset kami mendapat insight bahwa pengguna yang menyukai video streaming biasanya juga mempunyai Smart TV atau menggunakan Android Box untuk menikmati tayangan di layar lebih lebar dan juga bisa menonton bareng keluarga atau teman-teman. Selain riset, banyak juga feedback yang datang dari aplikasi Google Play dan App store untuk aplikasi TV. Sehingga kami memutuskan membuat aplikasi Vidio TV dan release di bulan April 2019

Sekarang pengguna Vidio dapat menikmati konten kami di layar yang lebih besar. Kami sudah meluncurkan Vidio di Android TV dan Samsung TV, dan telah menjangkau lebih dari 200.000 pengguna aktif dalam 8 bulan. Dengan adanya Vidio pada di Smart TV, pengguna tidak perlu lagi memasang antena untuk menonton live streaming lokal.


Vidio saat ini sudah langsung tersedia (preload) pada perangkat Samsung TV dan Sharp TV, sehingga pengguna tidak perlu repot harus mengunduh lagi dan bisa langsung menonton. Bahkan kami menawarkan paket bundling Vidio Premier Platinum selama 1 tahun khusus untuk pelanggan Samsung TV dan Vidio Premier Gold 3 bulan bagi pelanggan XL Home secara gratis. Tidak hanya kerja sama dengan Samsung & XL Home, tetapi kami juga memperluas distribusi konten kami pada Xiaomi TV dengan menampilkan konten Vidio di homepage Xiaomi TV. Dengan adanya kerja sama ini, pada saat pengguna menyalakan Xiaomi TV maka pengguna akan langsung bisa melihat konten-konten yang ada di Vidio tanpa perlu masuk ke dalam aplikasinya terlebih dahulu. Kedepannya, kami akan bekerja sama dengan brand besar lainnya agar Vidio bisa semakin mudah diakses oleh siapapun di TV apapun.


Selain Smart TV, kami juga memperluas platform kami ke perangkat baru: iPad. Ukuran layar yang lebih besar dibandingkan mobile phone serta fitur-fitur yang tersedia dapat memberikan kepuasan menonton yang lebih baik lagi kepada pengguna.



Untuk terus meningkatkan jumlah pengguna, Vidio mengadakan event-event di berbagai kota. Pengguna yang datang ke acara Vidio harus menggunakan QR Scanner sebagai tiket masuk serta sebagai alat untuk mengikuti games yang tersedia. User yang memenangkan games mendapatkan merchandise yang disediakan oleh tim Vidio.


Vidio juga menjadi destinasi hiburan dengan mengeluarkan fitur Vidio Gamez seperti Quiz dan Voting. Fitur ini mengajak pengguna bermain dan memperoleh keuntungan selain menonton. Sistem quiz sudah terintegrasi dengan DANA wallet sehingga pengguna bisa mendapat hadiah berupa saldo DANA. Kedepannya Vidio akan terus memberikan games menarik bagi pengguna dengan integrasi yang konsisten dengan sejumlah program TV atau live event. Fitur voting yang sudah diluncurkan beberapa waktu lalu bersama dengan Panasonic Gobel Award telah digunakan sebagai sebuah alat untuk melakukan voting ke seluruh nominasi yang ada.


Kami juga melakukan pengembangan pada fitur Live Chat sehingga pengguna bisa berkomunikasi dengan pengguna lainnya secara lebih real-time pada chat box. Selain itu, sekarang admin Live Chat juga bisa memberikan informasi kepada seluruh pengguna dengan fitur pinned message, pengguna hanya perlu menekan pesan yang di pin oleh admin dan membaca informasinya.


Dengan fitur-fitur yang kami kembangkan dan performa aplikasi yang stabil selama tahun 2019 ini kami mendapatkan apresiasi dari pengguna melalui feedback positif dan bahkan menjadi salah satu aplikasi pilihan (editor’s choice) di Google Play Store (baik untuk mobile maupun smart TV apps ) untuk Android, App Store untuk iOS, dan Samsung Store untuk Samsung TV. Kami sangat berterima kasih kepada pengguna setia Vidio atas dukungannya selama tahun 2019 ini. Kami berkomitmen untuk mengembangkan Vidio agar terus menjadi aplikasi streaming yang lebih baik lagi.